I'm Not a Smart Man But I Know What Love is: Forrest Gump.


Aku tahu film ini dari seminar Ganesha Operation dengan cuplikan film pendek motivasi di youtube yang berjudul: https://www.youtube.com/watch?v=v3qlBM9vAW8

Forrest Gump menempati nomor dua dalam film favoritku. Bagaimana aku memandang Forrest sebagai laki-laki bodoh yang berpegang teguh pada satu hati wanita. Bagaimana seorang laki-laki tetap berdiri waktu cintanya kau tolak berkali-kali. Forrest hanya memiliki satu teman, Jenny, dia seorang wanita yang setiap hari mengajak bermain dan berbicara. Ia memulai dialog pertamanya di bis sekolah saat berangkat.

Seperti yang kalian tahu, Forrest memiliki otak idiot dan kaki tidak normal. Kakinya ditopang besi. Tapi suatu hari keajaiban menghampirinya dan ia berlari kencang, luka di kakinya sembuh. Hari itu ia menyadari bahwa Jenny adalah satu-satunya wanita yang harus ia jaga. Adegan ini dikenal dengan: "Run Forest! Run".

Lalu ia direkrut sebagai timnas football amerika tingkat nasional. Saat itu ia bertemu Bapak Presiden, masuk televisi, mendapat penghargaan sebagai pelari tercepat.

Saat Amerika ingin berperang melawan Vietnam, Forrest mendaftar diri sebagai abdi negara. Ia dikenal sebagai perakit senjata tercepat. Di barak, ia mengenal sahabatnya, Bubba, pengusaha udang terkenal. Ia tahu segala resep udang dan kelak saat beres perang, ia akan membuka restoran udang. Di barak juga ia mengenal Letnan Dan sebagai pelatih dan kapten terbaik. Ia membuka sudut pandang bahwa menjadi tentara sangatlah mudah. Kau hanya tinggal berteiak, "Sir, yes sir!" dan berdiri tegap.

Setelah perang, Letnan Dan kehilangan kakinya dan Bubba tewas terkena ledakan. Forrest mendapat penghargaan sebagai tentara penyelamat karena ia berhasil membawa kabur semua temannya kecuali Bubba.

Ia dibawa ke rumah sakit karena sebuah peluru tersangkut di bokongnya. Dia menyukai es krim dan menemukan bakatnya dalam ping pong. Dia jadi atlet ping pong internasional (crazy banget filmnya)! Dia menang saat melawan atlet Cina. Dan saat sudah sukses dia pun mendirikan restoran udang bernama Bubba Gump bersama Letnan Dan untuk mengenang kepergian Bubba. Restorannya sukses.

Kemudian Forrest bertemu kembali dengan cinta lamanya, Jenny, walaupun dia sudah menikah. Forrest tetap berpegang teguh pada kekasihnya itu. Kemudian mereka menikah namun Jenny mengidap kanker dan mati satu tahun setelahnya. Forrest yang sakit hati tidak bisa menerimanya, namun apa boleh buat.

Cerita ini menarik karena permainan alur mundur yang diciptakan penulis naskah. Reka ulang adegan pada setiap penumpang halte sebelum mereka menaiki bis mereka. Efek dan kualitas yang disuguhkan cukup hebat pada masanya. Kekurangannya mungkin adegan dewasa di menit akhir yang tidak layak ditonton.

"Hidup ini seperti kotak coklat. Kau tidak tahu apa yang akan terjadi."

Komentar