Kegagalanku di Tes Akademik

Tes Akademik Calon Polisi Jawa Barat 2019

Tes akademik adalah tes dimana soal-soalnya mirip dengan apa yang kita pelajari selama kita menempuh sekolah di SMA. Untuk Akpol: Matematika, B. Indonesia, Pengetahuan Umum. Untuk Bingara: Bahasa Inggris, B. Indonesia, Pengetahuan Umum. Di sini saya daftar Akpol jadi saya hanya menjelaskan tes Akpol saja.

Jumat, 10 Mei 2019
Seperti biasa jam 7 kita harus harus di SMKN 1 Cimahi untuk mengambil nomor koding (barkode). Kita diharuskan bawa pensil, penghapus, dan pulpen. Kalau kita bawa tas, hp, jam tangan. Boleh ditinggalkan di aula. Ujian menggunakan sistem komputer, masing-masing peserta diberi id dan password. Untuk hari ini pelajarannya Matematika. Menurut saya tes matematika adalah tes kedua tersulit. Mengapa? Karena saya mempelajarinya dan 'sedikit' mengerti.
Skor saya: Betul 22 dari 40 soal.
Rekor Polda: 35.
Ini yang bikin rekor kalau kata orang juara olimpiade mtk. Gatau bener gatau engga, tpi nilai segitu menurut saya udah bisa lolos ke pusat.
Kesalahan saya: Tidak mempersiapkan dengan baik, tidak teliti.
Tips: Pelajari model soal UN tahun-tahun sebelumnya, karena soalnya itu sumpah mirip bener. Sebelum tes berdoa dan jgn lupa ke toilet. Waktu pengerjaannya itu 90 Menit, jdi tinggal bagi aja sama 40, yg kira kira satu soal harus beres 2,5 menitan.Untuk

Sabtu, 11 Mei 2019
Kami baris kembali namun kodingnya sama dengan yang hari kemarin. Ujian dimulai jam 8.

Mata pelajaran pertama Bahasa Indonesia.
Skor saya: Betul 40 dari 50 soal.
Rekor Polda: (kayaknya) 45
Kesalahan saya: Gatau ya apa wkwkwkwk. Soalnya saya pede aja.
Tips: Baca soal sungguh teliti, keknya tes ini kalau ga belajar juga bisa sih soalnya temen temen saya ada yang 41, 39. Selisihnya beda sedikit.

Mata pelajaran kedua Pengetahuan Umum.
NAAH INI NIH PELAJARAN YANG BIKIN SAYA MERASA 'GAGAL'. Kenapa? Karena saya itu belajar ttg sejarah, ttg nama ibukota negara asing, nama mata uang. Eh taunya yg keluar tuh soal PKN. Iya PKN. Itu soal gajauh ttg pancasila, uud, perjanjian internasional, parlementer presidensial. Ekselutif, legislatif.
Skor saya: <25 dari 50 soal (saya malu soalnya jelek bener)
Kesalahan saya: tes ini yg bikin saya mikir buat nyiapin hati bilamana saya harus mengulang tahun depan, tes ini yg bikin saya menyesal, tes ini yang membuat saya seperti seorang pecundang. Saya gabisa PPKN soalnya.
Tips: Kalau kalian pernah ulangan pkn di sekolah, nah kira" soalnya seperti itu. Keluar istilah istilah negara yang itu itu aja dari awal sampai akhir. Saran saya sih, pelajari lagi ppkn di google.




Kadang kala ketika kita berusaha ingin menjadi burung, sayap kita malah patah, dan cuaca yang buruk mengharuskan kita untuk diam di daratan. Di saat saat seperti itulah, seseorang yang hatinya setebal baja, tekadnya yang membara, dan orang-orang yang sudah memilih 'jalan ninja'nya di kepolisian lah yang akan mendapatkan cita-cita sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Semoga temen" yang baca tulisan ini lulus tahun sekarang yaa. Bagus doain.

Komentar