Bagaimana Mendapatkan Informasi Valid

Semakin dewasa ini, perkembangan arus teknologi informasi memungkinkan kita mendapatkan berita terkini secara cepat. Saking cepatnya bahkan fakta dan hoax seringkali tidak bisa kita kenali. Berikut ini adalah cara kita mendapatkan informasi yang valid, akurat, dan tentu saja sesuatu yang benar-benar kita inginkan.

a. Cek Judul Berita
Banyak judul berita sekarang yang mengandung unsur provokatif. Cara kita menyikapi ini adalah harus membaca secara utuh tentang berita tersebut, tidak terlalu terpengaruh, membaca dari sumber lain dan tidak terlalu cepat menyimpulkan berita itu adalah benar.


b. Cek situs
Kita sebaiknya melihat situs apa yang kita baca, apakah situs tersebut dapat terpercaya atau tidak. Tapi tidak menutup kemungkinan juga situs yang terverifikasi sekalipun bisa jadi menyebarkan berita tidak benar. Nah, dalam google search operator, terdapat fitur site. Dimana jika kita menambahkan site pada akhir kalimat akan memunculkan hasil pada situs tertentu. Contioh:



Untuk membedakan objek satu dengan objek lain dalam hasil pencarian kita bisa menggunakan fitur OR pada Google Image.


Fitur yang lain adalah kita bisa menentukan angka/tahun pada hasil yang kita cari

Kita juga bisa mencari tipe spesifik tentang apa yang ingin kita cari



Kita juga dapat menentukan hasil cari sesuai lokasi mana yang kita inginkan. Jadi kita bisa mencari berita lebih spesifik lagi, misalnya berita kecelakaan.

Komentar